Sejarah Penanggalan Hijriyah

by elbeha on 12:06 AM, 11-Jul-13

Category: Info Menarik , Religi

Sejarah penanggalan Hijriyah dimulai sejak Umar bin Khathab 2,5 tahun diangkat sebagai khalifah, yaitu sejak terdapat persoalan yang menyangkut sebuah dokumen yang terjadi pada bulan Sya'ban. Muncullah pertanyaan bulan Sya'ban yang mana?. Oleh sebab itu Khalifah Umar memanggil beberapa orang sahabat terkemuka guna membahas persoalan tersebut. Agar persoalan semacam itu tidak terulang lagi maka diciptakanlah penanggalan Hijriyah. Atas usul Ali bin Abi Thalib maka penanggalan Hijriyah dihitung mulai tahun yang didalamnya terjadi hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Dengan demikian penanggalan Hijriyah itu diberlakukan mundur sebanyak 17 tahun.

Tanggal 1 Muharram tahun 1 Hijriyah ada yang berpendapat jatuh pada hari Kamis tanggal 15 Juli 622 M. Penetapan ini kalau berdasarkan pada hisab, sebab irtifa' hilal pada hari Rabu 14 Juli 622 M sewaktu matahari terbenam sudah mencapai 5 derajat 57 menit. Pendapat lain mengatakan 1 Muharram tahun 1 Hijriyah jatuh pada hari Jum'at tanggal 16 Juli 622 M. Ini apabila permulaan bulan didasarkan pada rukyah, karena sekalipun posisi hilal pada menjelang 1 Muharram 1 Hijriyah sudah cukup tinggi, namun waktu itu tidak satupun didapati laporan hasil rukyah.

sejarah penanggalan hijriyah

Penanggalan Hijriyah berdasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi. Satu kali edar lamanya 29 hari 12 jam 44 menit 2,5 detik. Untuk menghindari adanya pecahan hari maka ditentukan bahwa umur bulan ada yang 30 hari dan ada yang 29 hari, yaitu untuk bulan yang ganjil berumur 30 hari, sedang bulan yang genap berumur 29 hari, kecuali pada bulan ke 12 (Dzulhijjah) pada tahun kabisat berumur 30 hari.

Satu tahun Hijriyah ada 12 bulan, yaitu Muharram, Shafar, Rabi'ul Awal, Rabi'ul Akhir, Jumadil Ula, Jumadil Akhirah, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawwal, Dzulqa'dah, dan Dzulhijjah.

Demikian sejarah singkat penanggalan Hijriyah berdasarkan penjelasan guru saya, yaitu Bapak Muhyiddin Khazin (anggota Lajnah Falakiyah PBNU dan anggota Muker dan Raker Badan Hisab Rukyat Depag RI). Semoga bermanfaat.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

40 responses to "Sejarah Penanggalan Hijriyah"

elbeha [12:24 AM, 11-Jul-13]

Sejarah Penanggalan Hijriyah

YANTO PLPK [12:50 AM, 11-Jul-13]

ow, gitu to. Terus ada yang 30 hari gak?

Di blog saya ada battle CSS, bantu Vote ya...

Zakusa [12:55 AM, 11-Jul-13]

sip inpo nya gan

elbeha [01:03 AM, 11-Jul-13]

@YANTO PLPK,
di atas kan udah ada keterangan nya sob. Emang gak baca ya?biggrin

Santri ndablegs [01:06 AM, 11-Jul-13]

biggrin iku berarti gak moco kang...
Ayo neng mbali...tak jak ndelok bule... razz

elbeha [01:15 AM, 11-Jul-13]

@Santri ndablegs,
iyo eg, pdhl di atas jelas udah ada, parah parah cheesy-grin.
ayoa terakhir ketemu bule ng borobudur kang biggrin

Obenk Nino [01:39 AM, 11-Jul-13]

thanks infonya sob biggrin

r1du4n21 [02:39 AM, 11-Jul-13]

Wah hampir sama dengan penanggalan Masehi juga ya.??
Tpi anehnya bulan genap dianggap ganjil'?? ..
Thnks sob

Syafril Sys Symbianer [03:04 AM, 11-Jul-13]

memang bukan penanggalan umum saja yang harus kita hafal sebagai muslim yang sudah mempunyai penanggalan sendiri''

sori kata-katanya error smile

uchiha [03:13 AM, 11-Jul-13]

thanks infonya gan.
Sekarang memang banyah yg update tentang ramdhan ranger

Kalo ada waktu mampir di blogq ya biggrin

JATI FURNITURE [03:35 AM, 11-Jul-13]

kunjungan sahur brow

Ahmad Whydoerie [04:05 AM, 11-Jul-13]

Saya prnh baca tp lp lg, barlen (kata orang jawa) mks sdh postngin jd ingt lg

FC JKT48 INA [05:06 AM, 11-Jul-13]

kunjungi gubuk aku ya ,jkt48-fansclub.heck.inᐅ ,jika anda tertarik di follow ᐅya biar gampang nyarinya..

jkt48-fansclub.heck.inᐅ
aku tunggu kunjungan mu di blog q,gue disini cuma sebentar gue harus ke blog" lainya..
jkt48-fansclub.heck.in

igohero [05:38 AM, 11-Jul-13]

kunjungan pagi zob
mampir ya ada yang baru
http://igohero.mywapblog.com/meningkatkan-traffic-blog-dengan-gudangf.xhtml

syahrul aldiyansyah [07:16 AM, 11-Jul-13]

nyimak sobs.. Info yg bgus"

down-arrow
aldyfriend.heck.in/moding-menu-s60v2-dengan-tjmenu-s60v2.xhtml

Fαrdαη [08:09 AM, 11-Jul-13]

Sejarahnya kurang lengkap kek nya biggrin
visitback min.

sharper.pun.bz/dork-mencuri-phising-dengan-google.xhtml

Joytech Zone [08:11 AM, 11-Jul-13]

ooooo....sejarahnya gitu to,sob...baru tau aku.trim's

sarilah [09:15 AM, 11-Jul-13]

oh jadi sejarahnya tahun hijriyah dari khalifah umar bin khattab ya.menurutku bagus pakai kalender hijriah soalnya kan pakai bulan jadi ketahuan tanggal berapa lihat dari posisi bulan.lain sama matahari, bulat terus tiap hari.

DEDIDINA [10:52 AM, 11-Jul-13]

Tambah ilmu sejarah agama ane
thx sob

Exodius [11:10 AM, 11-Jul-13]

makasih om, ilmunya bermanfaat .smile

Hamdan [03:55 PM, 11-Jul-13]

Sangat bermanfaat sob itung2 nambah ilmu menjelang berbuka puasa cheesy-grin

Reynaldi Fahlepi [04:30 PM, 11-Jul-13]

met sore sob. jgn lupa kunbal yo

smile


http://reynaldifahlepi.yu.tl/seo-sahabat-info-blog-informasi-seputar.xhtml

imam widodo [09:46 PM, 11-Jul-13]

╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝ gan ... smile

nice post gan ?!

Andie Zyodiablo [10:51 PM, 11-Jul-13]

baru tau ane, trnyata dari khalifah umar awalnya... mampir ya d http://zyodiablo.heck.in/video-kocak.xhtml

Kang Ano [11:01 PM, 11-Jul-13]

lek moco karo mripat wes kriyep-kriyep ngantuk wayae turu dilu neh saur.. Saur...

Rohendi Akatsuki [11:19 PM, 11-Jul-13]

berkunjung di malam hari master...


mampir ya master...

http://rohendi.mywapblog.com/the-divide-movies.xhtml

綺麗PAPA REYHANZ [12:35 AM, 12-Jul-13]

ooooo jadi begitu sejarahnya...???

elbeha [12:48 AM, 12-Jul-13]

@ALL,
terima kasih semua kawan! Met puasa ya

Dedy JunkieZz [12:58 AM, 12-Jul-13]

oooowwhh dari umar bin khatab..saya kira dari hijrahnya nabi dari mekah ke madinah..
Hehehehe

kafi arda [03:55 AM, 12-Jul-13]

wow, postingan yg sangat bermanfaat gan. . .
Jgan lupa kunbalnya biggrin

вчдиs͘ [04:16 AM, 12-Jul-13]

Ane save aja ea pak D

abdul wahab [05:44 AM, 12-Jul-13]

Sekarang makin banyak aja orang yang tidak baca posting langsung komen aja!
hadew. . .

Mizmar [06:27 AM, 12-Jul-13]

Wah ‎الحمد لله‎ dapet ilmu pengetahuan lagi..makasi s0bt..

saya harap anda mau brkunjung k gubuk sderhana saya..

Mizmar [06:32 AM, 12-Jul-13]

Note : follow+rating sukses..

jika berkenan, saya harap tindak baliknya s0bt..

abdul wahab [07:20 AM, 12-Jul-13]

Owh. . . gitu to sejarahnya!
berarti penanggalan hijriah adalah peninggalan khalifah umar bin khatab!

Michael Daniel [02:15 PM, 12-Jul-13]

Posting bagus sob , dan salam kenal ! Kalau berkenan follow blogku smile nanti difolbek ...

4mrana [02:29 PM, 12-Jul-13]

ada banyak versinya, tp umum dilihat dr pas hijrah nabi... smile

nice post sob.... biggrin

Tumenggung 666 [03:25 PM, 12-Jul-13]

hijriah itu trnyata sama dgn kalender jawa ya? Nama2nya juga mirip.
Mungkin kalender jawa dibawa oleh sunan2 dari gujarat ke jawa ya?

elbeha [10:39 PM, 12-Jul-13]

@Tumenggung 666,
kalender jawa beda kang, kalau kalender jawa namanya kapitu, desta dll

riniwp [11:15 PM, 12-Jul-13]

Jadi tahu sejarahnya..
makasih ya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

New comments disabled for this post.